Ikuti kami di Sosial Media :

Nasional

Ahli Sejarah dan Arkeolog Kecam Ridwan Saidi Soal Sriwijaya Fiktif

Diterbitkan

pada

Bagikan:

BERITAONLINE.ID – Ridwan Saidi yang merupakan budayawan Betawi baru – baru ini menggemparkan Indonesia soal kerajaan Sriwijaya. Ia mengatakan bahwansanya kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan fiktif yang dipalsukan oleh sejarawan.

Ucapan Ridwan Saidi yang dalam sekejab langsung viral ini mendapatkan kecaman dari para ahli sejarah dan arkeolog di Indonesia. Salah seorang arkeolog yang memberikan kecaman kepada Ridwan Saidi adalah Retno Purwanti yang merupakan arkeolog dari Badan Arkeologi Sumatera.

Retno menjelaskan bahwa Prasasti Kedukan Bukit ditulis dengan huruf Pallawa (Aksara) dan bahasa Melayu Kuno, bukan bahasa Armenia seperti yang dikatakan oleh Ridwan Saidi.

“Ridwan Saidi ngelantur. Memangya Ridwan Saidi bisa baca aksara pallawa dan paham bahasa melayu kuno? Ucap Retno di Palembang, Kamis (29/8). Dilansir dari cnnindonesia.com.

Retno menjelaskan lebih lanjut bahwa prasasti kota kapur yang pertama kali ditemukan pada tahun 1892 menyebutkan nama-nama Sriwijaya. Prasasti ini ditemukan oleh Johan Hendrik Caspar Kern (Seorang ahli epigrafi Belanda) di pesisir barat pulau Bangka.

Selain prasasti kota kapur, masih banyak bukti – bukti lain (peninggalan abad 7-10) yang telah diteliti oleh para arkeolog yang merujuk kepada keberadaan Kerajaan Sriwijaya.

 

 

Berita ini telah tayang di CNNINDONESIA.COM dengan judul : Arkeolog soal Sriwijaya Fiktif: Ridwan Saidi yang Ngelantur

Lanjutkan Membaca
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Syarifuddin Terpilih Jadi Ketua Pemuda Muhammadiyah Bantaeng

Diterbitkan

pada

Oleh

Bagikan:

BERITAONLINE.ID – Pemuda Muhammadiyah (PM) Kabupaten Bantaeng, memiliki nahkoda baru, bertempat di baruga Kr. Latippa Pantai Marina Kabupaten Bantaeng 14 – 15 Desember 2019. Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bantaeng melaksanakan Musyawarah daerah ke XVII yang di ikuti oleh seluruh Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah se Kab. Bantaeng,

Musyawarah ini di buka oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantaeng, dalam sambutan beliau. sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan mengharapkan Pemuda Muhammadiyah memberikan kontribusi dalam peningkatan SDM terkhusus pemuda yang ada dikabupaten Bantaeng, turut hadir Kadis Pariwisata Kabupaten Bantaeng, wakil Ketua I DPRD Kab. Bantaeng.

Kegiatan ini juga dihadiri Langsung oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan Elly Oscar, dalam sambutannya Elly menyampaikan kedekatannya dengan Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng sehingga turun langsung menghadiri kegiatan Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng.

Musyawarah tersebut di ikuti oleh 16 Calon Formatur yang ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Musyda, kemudian terpilih 11 Formatur. Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah selanjutnya setelah 10 Formatur sepakat untuk memberikan kepercayaan kepadanya.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya melaksanakan musyawarah ini, para kader Pemuda Muhammadiyah, musyawara telah selesai terima kasih atas kepercayaannya untuk mengembang amanah ini, mari saling membesarkan untuk Pemuda Muhammadiyah Bantaeng, yang maju dan berdaya” kata Syarif, Ahad (14/12/2019)

Baca Selengkapnya

Nasional

Herman Jaya Siswa MA. Muhammadiyah Panaikang Kembali Torehkan Prestasi di Turnamen Nasional Pencak Silat Rektor Unhas Cup X 2019

Diterbitkan

pada

Bagikan:

BERITAONLINE.ID – Turnamen Pencak Silat Rektor Unhas Cup baru-baru ini kembali diselenggarakan untuk yang ke 10 kalinya.

Ajang Nasional yang diselenggarakan di GOR Universitas Hasanuddin Makassar pada hari Jum’at hingga Selasa (18-22/10) ini diikuti oleh para atlet pencak silat dari berbagai daerah di Indonesia termasuk peserta perwakilan dari Kabupaten Bantaeng.

Herman Jaya yang merupakan anggota Tapak Suci yang saat ini masih duduk di kelas XII di MA. Muhammadiyah Panaikang kembali mengharumkan nama dan sekolahnya setelah berhasil meraih Medali Emas (Juara I) di kelasnya.

Prestasi ini bisa di raih oleh Herman Jaya berkat tekad dan usahanya selama ini yang terus maju dan tidak pernah menyerah hingga prestasi demi prestasi diraihnya. Hal ini dibuktikannya setelah dua kali berhasil meraih medali emas dalam kurun waktu satu tahun.

Siswa yang dianggap kurang dari segi akademik ini bisa menjadi contoh untuk siswa yang lain di MA. Muhammadiyah Panaikang maupun di sekolah lain bahwasanya meskipun kurang dari segi akademik belum tentu kurang di nonakademik.

Baca Selengkapnya

Ekonomi

Kebakaran Hutan Riau Masih Terus Berlanjut : Segini Kerugian Yang Diakibatkan

Diterbitkan

pada

Bagikan:

BERITAONLINE.ID – Kebakaran Hutan di Rau menambah daftar kebakaran di seluruh dunia yang begitu luas setelah Amazon, ini menjadi peringatan buat kita semua bahwa ke depan kesejukan dan oksigen bersih akan menjadi angan-angan belaka diakibatkan dari ulah manusia sendiri yang dengan sengaja membakar hutan-hutan demi pembukaan lahan yang mengakibatkan terjadinya kebakaran dahsyat dan banyak orang yang dirugikan dari kebakaran ini yang jumlahnya mencapai Rp. 50 Triliun. Selain itu seorang bayi pun turut menjadi korban meninggal serta banyak binatang yang mati akibat asap tersebut.

Kebakaran kali ini meluas hingga 996 Hektare yang mana luasnya mencakup 11 Kabupaten di Provinsi Riau Sumatera dan hingga saat ini (20/09) masih belum bisa dipadamkan sepenuhnya meskipun ribuan orang telah diterjungkan oleh pemerintah untuk memadamkan kebakaran hutan ini baik melalui darat maupun udara.

 

Baca Selengkapnya

Berita Viral

Berita Nasional

Pendidikan

Trending