Ikuti kami di Sosial Media :

Pendidikan

MA. Muhammadiyah Panaikang Rilis Aplikasi Android UBA Madrasah

Diterbitkan

pada

Bagikan:

BERITAONLINE.ID – Sejak hari rabu (13/03/2019) lalu seluruh Madrasah dalam hal ini Madrasah Aliyah se-Indonesia tengah menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Berbasis Komputer. Dan tidak lama lagi Madrasah Tsanawiyah pun akan menghadapi UAMBN dan USBN ini.

Segala persiapan telah dilakukan oleh semua Madrasah termasuk seluruh perangkat yang akan digunakan pada saat pelaksaan ujian berbasis komputer tersebut. Namun di beberapa Madrasah ada yang terkendala dengan Sarpras (Sarana dan Prasarana) terutama kesediaan Komputer/Laptop yang akan digunakan siswa untuk ujian. Banyaknya Madrasah yang mengeluh tentang perangkat yang akan digunakan sebagai client nantinya membuat MA. Muhammadiyah Panaikang berinisiatif membuat sebuah aplikasi Android yang bisa digunakan sebagai client pada pelaksanaan UAMBN dan USBN.

Aplikasi Android yang diberi nama UBA Madrasah asal kata Ujian Berbasis Android ini telah dirilis di Playsore pada 14 Maret 2019 lalu. Dengan begini seluruh Madrasah bisa menggunakan aplikasi ini dalam pelaksaan UAMBN dan USBN.

Aplikasi UBA Madrasah ini dibuat oleh salah seorang guru MA. Muhammadiyah Panaikang yaitu Haeruddin dan telah menguji coba aplikasi ini hingga diprediksi sudah siap untuk digunakan bahkan aplikasi ini telah digunakan pada pelaksanaan UAMBN di MA. Muhammadiyah Panaikang dan ternyata sukses bahkan pelaksanaan berjalan lebih simple, nyaman dan tidak ribet.

Penggunaan UBA Madrasah ini hampir sama dengan menggunakan PC (Komputer) atau Laptop yang membedakan hanya jalur penghubung antara Server dengan Client (Smartphone Android). Maka di aplikasi tersebut telah disediakan petunjuk oleh pengembang dan diinstrukan untuk menghubungi pengembang aplikasi jika menemui kendala dalam penggunaan aplikasi.

Lanjutkan Membaca
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pendidikan

Ini Dia Tiga Siswa MA. Muhammadiyah Panaikang yang Lolos di Perguruan Tinggi Negeri di Makassar

Diterbitkan

pada

Bagikan:

BERITAONLINE.ID – Awal bulan lalu (September 2019) para mahasiswa baru di seluruh tanah air mulai menginjakkan kaki mereka di Perguruan Tinggi masing-masing tempat mereka lulus baik yang masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri maupun jalur-jalur lainnya. Tak terkecuali tiga siswa MA. Muhammadiyah Panaikang yang lolos di tengah sengitnya persaingan untuk masuk di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri) diantaranya Nurhikma Qadria Jaya, Risma dan Nurmia.

Andi Armadhani Eka Utami, S.Pd yang merupakan salah seorang guru MA. Muhammadiyah Panaikang mengungkapkan tiga siswa ini memang siswa andalan selama mereka masih duduk di bangku Madrasah/Sekolah.

Tiga siswa kami ini memang pintar di sekolah dan mereka selalu menjadi andalan kami kalau ada kompetisi baik itu tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi.” Ungkapnya.

Perguruan tinggi tempat para siswa MA. Muhammadiyah Panaikang ini lolos merupakan perguruan tinggi – perguruan tinggi yang sangat sulit untuk dimasuki mengingat begitu banyak saingan dari sekolah lain di seluruh Indonesia terutama sekolah yang berada di Sulawesi Selatan yang sangat berharap bisa kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Sesuai data yang diperoleh beritaonline.id ke tiga siswa MA. Muhammadiyah Panaikang ini diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang berbeda diantaranya:

  • Pertama, Nurhikma Qadria Jaya diterima di Universitas Hasanuddin (UNHAS) melalui jalur SBMPTN di jurusan Bahasa & Sastra Daerah

  • Kedua, Risma diterima di Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui jalur SBMPTN di jurusan Pendidikan Luar Sekolah

  • Ketiga, Nurmia diterima di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN) melalui jalur UMPTKIN di jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam

Dengan lolosnya ke tiga siwa ini segenap staf Guru MA. Muhammadiyah Panaikang berharap ke tiga siswanya ini mampu menyelesaikan pendidikan di kampus dengan nilai yang sempurna dan kelak menjadi orang – orang sukses serta membuat keluarga mereka bangga dengan apa yang telah diraihnya terutama para orang tua mereka.

Baca Selengkapnya

Pendidikan

MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng Bekali Guru & Siswa Ilmu Jurnalistik

Diterbitkan

pada

Bagikan:

BERITAONLINE.ID – MA. Muhammadiyah Panaikang merupakan salah satu Madrasah di Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan yang saat ini terus berbenah diri dan terus menghadirkan terobosan-terobosan baru demi peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah tersebut.

Baru-baru ini Kamis (19/09) MA. Muhammadiyah Panaikang kembali menghadirkan satu terobosan baru yang selama ini masih jarang dilakukan oleh Madrasah/Sekolah lain  yaitu pembekalan ilmu jurnalistik kepada guru dan siswa MA. Muhammadiyah Panaikang.

Pelatihan Jurnalistik yang dipelopori oleh guru Informatika MA. Muhammadiyah Panaikang (Haeruddin, S.Pd) ini diikuti sebanyak 7 orang guru dan 2 orang siswa. Pelatihan ini diharapkan bisa menghasilkan guru dan siswa yang melek akan berita, mengingat saat ini begitu banyak berita hoaks yang sangat meresahkan masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini juga diharapkan menjadi awal lahirnya jurnalis-jurnalis hebat dan amanah yang akan menulis maupun menerbitkan berita dengan jujur dan sesuai realitas.

“Kegiatan seperti ini sudah lama kami nanti sejak lama dan kami berharap berawal dari pelatihan ini ke depan disediakan wadah untuk mengembangkan bakat dan minat kami dalam hal jurnalistik ini.” Tutur salah satu peserta pelatihan jurnalistik MA. Muhammadiyah Panaikang.

Pada pelatihan ini para peserta dibekali ilmu-ilmu tentang jurnalistik yang meliputi teknik dan kode etik jurnalistik serta pemanfaatan sosial media di era milenial. Selain itu para peserta juga nantinya bisa menerbitkan berita secara online di beritaonline.id dan media-media online lainnya setelah mereka dinyatakan lulus dan sudah layak menerbitkan berita.

Kepala Madrasah ibu Sitti Nurbaya, S.Ag pun merespon positif Pelatihan ini dan akan terus mendukung inovasi-inovasi yang berbau positif ke depan di Madrasah tersebut.

“Saya akan dukung terus inovasi-inovasi yang dilakukan tenaga pendidik maupun siswa di Madrasah ini selama itu hal baik”. Ungkapnya.

 

 

Reporter : Sultan, S.Pd.I, Sudirman, S.Pd, Asdiawan Salim, S.Or, Asrina

Editor : Haeruddin, S.Pd

Baca Selengkapnya

Nasional

Widya Hastuti Terpilih Pimpin Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Bantaeng

Diterbitkan

pada

Bagikan:

BERITAONLIBE.ID – Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Bantaeng melaksanakan Musyawarah Daerah, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 19 September 2019/19 Muharram 1441 H bertempat di Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng, musyawarah ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng Bapak H. M. Amri Pakkanna, SH., MH. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan musyawarah ini bisa berjalan lancar dan melahirkan pimpinan yang baik

Musyawah Daerah Nasyiatul Aisyiyah juga  dirangkaikan dengan dialog Keperempuanan yang mengusung tema “Konsilidasi perempuan muda berkemajuan dalam mewujudkan Bantaeng baik, Indonesia Unggul” sebagai pembicara hadir Ibu Hj. Sri Wahyuni Gani, S.Si., M.Si (Kabid Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Bantaeng), Sumarni Susilawati (Ketua umum Pimpinan Wilayah NA Sulawesi Selatan) dan Kasmawati mantan ketua umum Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Bantaeng yang saat ini menjabat Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng, dialog ini diikuti sangat antusias oleh kader NA se-Kabupaten Bantaeng

Dalam musyawarah Daerah kali ini Widya Hastuti terpilih sebagai Ketua Umum Nasyiatul Aisyiyah, didampingi oleh Indah sebagai Sekretaris dan Desy sebagai Bendahara.

Kegiatan ini ditutup oleh Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah dengan menaruh harapan besar kepada Pimpinan terpilih untuk membawa Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Bantaeng menjadi lebih baik. *AR

Baca Selengkapnya

Berita Viral

Berita Nasional

Pendidikan

Trending